30.12.13

Cara dan Manfaat Pijat Payudara Setelah Kehamilan

Lanjutan dari artikel sebelumnya cara dan manfaat pijat payudara saat hamil kini dilanjutkan dengan pijat payudara setelah persalinan, merangsang dan meningkatkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara. Pijat payudara bisa dimulai setelah hari kedua persalinan. Berikut ini cara melakukan pijat payudara setelah persalinan.

Cara Pijat Payudara Setelah Persalinan :
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Lumuri tangan dan payudara dengan minyak kelapa/zaitun hingga rata.
  • Letakkan kedua telapak tangan di kedua belah payudara bagian dalam. Putar tangan ke arah luar hingga mengarah kembali ke bawah payudara. Kemudian sentakkan perlahan. Lakukan ini 30 kali.
  • Letakkan tangan kiri menyangga payudara kiri. Kemudian, jari telunjuk, tengah dan kelingking tangan kanan disatukan dan dipijatkan ke arah puting dengan gerakan spiral. Rasakan kelenjar air susu yang bergerindil di bawah jemari Anda. Gerakan ini dilakukan merata dari seluruh bagian payudara kiri menuju arah puting kiri. Lakukan gerakan serupa untuk payudara kanan. Gerakan ini dilakukan  di masing-masing payudara sebanyak 30 kali dengan tujuan untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar air susu.
  • Lakukan gerakan yang mirip dengan gerakan nomor tiga, namun kali ini, gunakan telapak tangan. Ulangi sebanyak 30 kali.
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan dingin. Lakukan secara bergantian, 3 kali dengan air hangat, 2 kali dengan air dingin, selang-seling.
Setelah persalinan dan ketika masa menyusui telah selesai pada umumnya payudara akan menjadi kendor, untuk mengatasi itu anda bisa menggunakan Oris Breast Cream pengencang payudara herbal. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa membaca artikelnya klik disini

0 komentar: