30.12.13

Cara dan Manfaat Pijat Payudara Saat Hamil

Pijat payudara saat hamil, menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu supaya kelak bisa memproduksi ASI yang banyak dan lancar. Pemijatan dimulai pada usia 32 minggu kehamilan. Pijat payudara sangat bermanfaat dalam pogram ASI eksklusif ibu. Dengan memberikan ASI ekslusif berarti anda telah memberikan bekal berharga untuk kehidupan dan tumbuh kembang bayi mungil anda.

Berikut ini Manfaat pijat payudara selain untuk memperlancar produksi ASI seperti dilansir oleh boldsky

  • Mengurangi Stretch Marks Ketika berat badan bertambah dan otot menyusui membesar, kulit di sekitar payudara Anda akan meregang. Gunakan minyak esensial seperti minyak almond atau minyak zaitun untuk memijat payudara akan mencegah stretch mark pada payudara Anda.
  • Melegakan rasa sakit Selama kehamilan, kelenjar susu Anda sudah mulai memproduksi ASI. Itulah mengapa payudara Anda membesar. Pembesaran ini menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada payudara. Pijatan santai pada payudara dapat membantu Anda melegakan rasa sakit dan mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Mengurangi gatal Ketika kulit akan meregang ke batas maksimal, Anda akan merasa tidak nyaman. Seringkali kulit mengalami kemerahan dan merasa gatal di bagian bawah payudara selama hamil. Memijat payudara selama kehamilan bisa mencegah rasa gatal karena membuat kulit lentur.
  • Memerbesar puting Puting Anda akan membesar secara alami saat hamil. Namun, terkadang memijat juga bisa membantu memerbesar puting. Ukuran puting yang besar dapat membantu saat menyusui. Jika puting terlalu kecil, maka bayi akan kesulitan mengisap ASI.
Berikut ini cara melakukan pijat payudara saat hamil
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Kompres puting dgn kapas/kain/tissue bersih yg sudah dibasahi dengan minyak kelapa/zaitun selama 5-10 menit.
  • Bersihkan puting dan aerola dengan kapas/kain/tissue tersebut. Untuk daerah puting, bersihkan dengan teliti dan tekan-tekan hingga kotoran dan sel-sel mati ikut terangkat. Ini berguna untuk membuka pori-pori puting sehingga ASI kelak bisa mengalir lancar dan tidak mampet. Jika puting mampet, kondisi akan berbahaya karena bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar susu (mastitis).
  • Tarik puting, kemudian puntir ke arah dalam. Lakukan hingga 30 kali. Ini berguna untuk melembutkan puting sehingga saat bayi menyusu, lidah bayi yang lembut tidak akan teriritasi oleh puting ibu yang masih keras.
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat. Diamkan hingga waslap terasa dingin. Ulangi sebanyak 3 kali.
Untuk cara dan manfaat pijat payudara setelah masa kehamilan  anda bisa membacanya pada artikel cara dan manfaat pijat payudara setelah persalinan

0 komentar: