14.11.13

Cara Menyusui Bayi Agar Puting Tidak Lecet

Keluhan yang sering dialami oleh ibu yang sedang menyusui adalah puting lecet. Hal ini sering membuat ibu kewalahan bahkan ada yang kapok untuk menyusui karena tidak tahan dengan rasa sakit. Lecet pada puting bisa terjadi akibat posisi yang tidak tepat saat menyusui si bayi. Karena itulah anda perlu mengetahui posisi yang tepat menyusui bayi agar puting anda tidak lecet.

Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru Sp. A(K), MHA, IBCLC "Prinsipnya ibu dan anak harus sama-sama nyaman. Dagu bayi dan payudara ibu menempel. Lalu buat mulut bayi terbuka selebar-lebarnya, bibirnya pun dalam keadaan terbalik (monyong) setelah itu masukkan aerola sebanyak-banyak ke mulut bayi."

Dengan memasukkan aerola sebanyak-banyaknya, maka puting terletak di antara langit-langit mulut bayi yang keras dan lunak. Ia pun menyusu dengan menggunakan lidahnya sehingga lecet pada puting bisa dihindari. Kondisi pipi bayi yang menyusu dengan benar yaitu menggembung. Jika pipinya 'kempot' berarti posisi ia menyusu tidak tepat hingga bisa menimbulkan risiko puting lecet.

Selian itu, dr Edi mengatakan prinsip lain posisi saat menyusui yaitu telinga, tangan, dan kaki bayi harus berada di satu garis lurus.

banyak juga ibu-ibu yang kesusahan jika ingin menyusui dengan payudara kanannya. Untuk mempermudah, maka terapkan posisi cross cradle, yaitu memegang bayi dengan tangan kiri. Selain itu juga bisa menggunakan posisi football yaitu meletakkan bayi dengan posisi agak di samping tubuh.

"Juga jangan biasakan memegang payudara dengan gaya gunting (menekan payudara dengan telunjuk dan jari tengah) tapi pegang menggunakan ibu jari dan telunjuk seperti sedang memegang payudara," kata dr Edi.

Sumber : health.detik.com

http://www.bisnisnyasalim.biz/produk-pasutri/oris/

0 komentar: